Sabtu, 24 November 2012


Pada tahun 2008, banyak sosok terkemuka di gaming industry yg berhasil menorehkan namanya dlm sejarah game.Namun untuk tahun 2009, siapakah kandidat terkuat yang bakal memberikan kontribusi terbesar dalam dunia gaming?

Alex Evans

Debut perdana Alex Evans dalam dunia game mulai bersinar ketika menjadi pegawai di Lionhead, dimana ia membantu menciptakan game PC fighter Rag Doll Kung Fu. Ia hengkang dari perusahaan itu untuk menjadi co-founder serta director bagi Media Molecule, dimana hasil karyanya yakni LittleBigPlanet bagi PS3 yang menjadi hit di pasaran. Keunikan yang dimiliki oleh game tersebut membuat LittleBigPlanet menerima banyak pujian serta penghargaan, bahkan mampu menciptakan suatu komunitas raksasa di antara pemainnya. Semua itu tidak terlepas dari pemikiran Evans yang brilian sehingga dirinya mampu menghadirkan suatu permainan yang simpel tetapi unik.

Hideo Kojima

Kojima menjadi salah seorang staff paling berbakat milik Konami dimana namanya melejit di tahun 2008 berkat karya besarnya Metal Gear Solid 4: Guns of The Patriots. Game itu berhasil memukau gamer sekaligus para kritikus berkat kelebihan dalam tampilan visual, gunplay, dan jalan ceritanya. Visinya dalam menciptakan akhir perjalanan Solid Snake dalam game itu sangat brilian sehingga berhasil memuaskan pecinta Metal Gear Solid series. Idenya dalam menggarap online play dalam MGS4, meskipun dipandang setengah jadi, terbukti menjadi salah satu feature menarik.

Shigeru Miyamoto, Satoru Iwata, Reggie Fils-Aime

Kesuksesan yang berhasil diperoleh Nintendo di tahun 2008 merupakan hasil kerja keras 3 petinggi mereka, yakni Shigeru Miyamoto, Satoru Iwata, dan Reggie Fils-Aime. Senjata utama Miyamoto adalah otaknya yang brilian dalam menciptakan berbagai produk menarik, baik dalam bentuk video game dan peripheral yang unik. Sementara Iwata dan Fils-Aime telah bekerja keras dalam mempertahankan kehidupan Wii serta membawanya ke “level” lebih tinggi.

Keiji Inafune

Keiji merupakan salah seorang staff paling penting di Capcom, dimana namanya dikenal sebagai mastermind dibalik kesuksesan franchise Mega Man serta Onimusha. Tidak heran kalau berkat prestasi yang berhasil dicapainya membawa Inafune pada posisi pimpinan divisi Research and Development serta online business. Sementara publisher Jepang lainnya mulai berguguran sewaktu berhadapan dengan dominasi game buatan Barat, Inafune justru mampu membawa Capcom ke arah yang lebih baik melalui produk yang dikembangkan oleh perusahaannya. Kedua produk unggulannya yakni Street Fighter IV dan Resident Evil 5 dipercaya akan mendominasi pasaran di tahun 2009.

Gabe Newell

Gabe Newell adalah pimpinan Valve yang mendominasi digital-distribution space dan mampu mengalahkan game-game Microsoft dalam hal membuat komunitas game. Karya-karya Valve di PC berhasil mengalahkan jumlah komunitas di Microsoft Xbox Live. Meski Newell tidak terlibat secara langsung dalam proses pengembangan produk terbaru Valve, yakni Left 4 Dead, tetapi pengaruhnya mampu membawa game tersebut untuk mencapai kesuksesan. Menurut kabar, ia sedang sibuk mengarahkan proyek terbaru mereka, yaitu Half-Life 2: Episode Three yang diramalkan bakal sukses di pasaran.

Cliff Bleszinki

Tidak berlebihan kalau kita mengatakan bahwa Epic Games tidak akan menjadi besar apabila tidak ada bimbingan dari Cliff Bleszinki. Dialah yang menjadi dalang di balik kesuksesan Gears of War dan Gears of War 2. Semua berhasil dicapai berkat konsep permainan yang berada dalam visinya dan seluruh ide kreatif yang terdapat dalam otaknya berhasil dituangkan dalam bentuk permainan yang fresh dan menantang. Tidak heran kalau Gears of War yang dikembangkan oleh Cliff-B dianggap menjadi salah satu game yang dapat mendefinisikan Xbox 360.

Tetsuya Nomura

Dikenal dengan nama “The Zippermaster”, otak dibalik franchise Kingdom Hearts. Sepanjang karirnya, kira-kira sepuluh tahun di Square Enix, dia juga terlibat dalam beberapa game besar Square Enix, seperti Parasite Eve.

2009-George Broussard
Duke Nukem Forever memang memerlukan waktu lama untuk dibuat. Kini kabarnya 3D Realms yang didirikan dan dimiliki George Broussard bakal merilis seri Duke yang terbaru.

Amy Hennig

Amy Hennig menorehkan namanya dalam dunia gaming melalui game Legacy of Kain. Setelah itu, dia menduduki posisi baru sebagai direktur proyek Uncharted: Drake’s Fortune. Tahun ini, mereka bakal merilis seri kedua Uncharted yang mengambil kisah pencarian harta karun Marco Polo.

Grant Collier

Sebagai presiden dari Infinity Ward, Grant Collier memiliki anak buah yang hebat. mereka bisa membuat best-selling game berjudul Call of Duty 4. Sebagai proyek selanjutnya, mereka menggarap game Call of Duty juga dengan sub Modern Warfare 2 yang diharapkan bakal menjaring fans dari seri Modern Warfare dan World at War.

sumber: http://haxims.blogspot.com/2009/12/inilah-tokoh-game-dunia-paling-terkenal.html

0 komentar:

Poskan Komentar